Apa Itu Istilah TUS (Tangguh Utuh Sepuh)

Mungkin Diantara Anda Selalu Mendengar Dalam Membahas Keris Ada Istilah TUS. Apa Itu Istilah TUS adalah Tangguh, Utuh, dan Sepuh.

Langkah awal dalam mempelajari  keris ( tosan aji),  tentang bentuk bilah keris (lurus maupun ber"luk") dan pamornya, pada umumnya  dengan  melihat pada 3 hal  yaitu tangguh, utuh, sepuh dari sebuah keris.

Tangguh, yaitu masa atau jaman dimana keris tersebut dibuat.  Apakah keris tersebut dibuat pada masa kerajaan sebelum Majapahit atau pas jaman Majapahit atau sesudahnya, bisa juga dibuat  jaman Mataram Islam, atau jaman Mataram Surakarta dan Yogyakarta, dsb. Semua ini masing-masing memiliki ciri-ciri yang membedakan antara satu dengan yang lainnya.

Utuh, yang dimaksud disini adalah kondisi fisik keris yang benar-benar masih utuh terjaga baik bilah maupun pamor yang ada di badan keris dari ujung hingga besi tangkai keris (pesi) di hulunya.

Sepuh, disini diartikan bahwa keris itu benar-benar dibuat pada jaman dahulu oleh empunya, paling tidak keris itu sudah dibuat 100 tahun yang lalu atau bahkan lebih tua lagi, ini yang bisa disebut sepuh.

Setelah ketiga hal tersebut diketahui, langkah selanjutnya adalah melihat material bilah kerisnya, garapnya, guratan pamornya, baru esoteri kerisnya. Jadi perlu diketahui untuk mengenal mengerti tentang keris harus melihat hal itu. Jangan beranggap keris recekan itu istimewa, jika tidak TUS tentu juga berpengaruh secara psikologis pemiliknya, percaya tidak percaya buktikan hal itu. Untuk lebih lengkapnya biar makin syahdu bisa ngopi bareng di Omah Keris Salatiga. Salam budaya